Meningkatkan Daya Tarik Kemasan Makanan
Kemasan berfungsi untuk
menjaga kualitas produk selama proses penyimpanan dan proses distribusi serta
sebagai sarana marketing agar konsumen tertarik pada produk yang dikemasannya.
Oleh karena itu, kemasan harus mempunyai desain menarik sehingga konsumen akan
langsung mengenali produk dari warna dan desain kemasannya.
Dan sudah banyak kemasan makanan yang memiliki warna dan
desain yang menarik. Pada saat ini sudah banyak kemasan yang di desain dengan
jumlah warna lebih dari 6, bahkan ada yang dicetak dengan 7-9 warna. Tujuan packaging makanan di desain dengan
banyak warna adalah agar terlihat menarik. Selain itu, desain dus makanan dengan 7-9 warna sangat
sulit untuk dipalsukan atau ditiru. Pemalsuan produk yang belakang ini marak
terjadi, sangat merugikan produsen maupun konsumen. Untuk melindungi
kepentingannya dan melindungi hak konsumen, produsen selalu berusaha membuat box makanan dengan desain dan warna
unik agar tidak mudah dipalsukan atau ditiru.
Pada desain kemasan makanan wajib dicantumkan
atribut tertentu untuk meningkatkan daya jual produk dan melindungi keamanan
konsumen, seperti logo Halal dan kode MD untuk makanan produk local ataupun
kode ML untuk produk makanan yang diimpor.
Melalui packaging makanan, produsen berusaha
memberikan informasi selengkap mungkin mengenai kondisi atau cara pemesanan,
media sosial yang dipunya dan hal lain-lain yang berkaitan dengan promosi dari pihak
produsen. Dan upaya-upaya itu dilakukan agar produk sampai ke tangan konsumen
dalam keadaan baik.
Komentar
Posting Komentar